Home » , , » Tetap terhubung dengan pengunjung meski website dalam keadaan Offline

Tetap terhubung dengan pengunjung meski website dalam keadaan Offline

Written By Nusantara Voice on Thursday, December 1, 2011 | 12:59 PM

Pada saat mengupgrade, update, fixing bugs atau eror
adakalanya website kita secara terpaksa harus di offline-kan,
bagaimana dengan pengunjung setia website kita??

Kali ini saya akan mencoba sharing mengenai bagaimana tetap bisa berinteraksi dengan pengunjung meski website kita dalam keadaan offline.

Adapun file2 yang saya ubah adalah :
1. offline.php (templates\system\offline.php)
2. offline.css (templates\system\css\offline.css)

oleh karena itu buat backup untuk kedua file tersebut.

Free Image Hosting

sengaja saya tidak mengikutkan form login dengan asumsi apabila administrator akan login,
tentunya akan membuka halaman www.domainnya.com/administrator.(ini kan untuk pengunjung :) )lain ceritanya jikalau memang dibutuhkan.

pada baris setelah tag p>
saya menginputkan posisi module dengan nama "offline".(lih. image di atas)
karena saya mengkhususkan module tersebut hanya tampil dihalaman offline ini.
dengan metode ini kita juga bisa mengikutkan posisi2 module yg sudah ada di halaman front page juga dengan asumsi jika module2 tersebut ingin ditampilkan di halaman ini.

Saya menggunakan images/rualsdesign.png yang filenya ditempatkan di folder images di direktori joomla anda.

Untuk mengisi module offline ini kebetulan saya menggunakan component dan module RSform
yang bisa di sini

Untuk membuat tampilan lebih menarik
kemudian saya berikan sedikit sentuhan pada offline.css (templates/system/css/offline.css)

pada tag body {
saya menambahkan tag:
background: url('/../images/rainbow-wood.jpg') repeat-x top left #000000;


dimana image ditempatkan pada folder templates/system/images/.... saya menambahkan beberapa module dan module posisi lagi yg sesuai.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Web Master | webbmatrix | Media Islamic
Copyright © 2010. Aplikasi Facebook Twitter Software Ebook Free - All Rights Reserved
Web master Media news Published by Jurnalis Rakyat.com
Proudly powered by Google